32.2 C
Jakarta
Sunday, June 13, 2021

Colderra “Cracked” Sebuah Pemahaman Tentang Kekecewaan

- Advertisement -

Colderra, unit bergenre power metal asal Malang akhirnya merilis single terbaru bertajuk “Cracked” yang katanya bukan lagu cinta walaupun liriknya menyatakan sebaliknya.

Mereka nyaris tidak terdengar gaungnya, setelah merilis album perdana “Quantum Imagination” pertengahan tahun 2018 silam yang distribusi rilisan fisiknya mencapai daratan Eropa dan mengunggah 8 dari 10 lagu dalam albumnya dengan format video lirik ke kanal YouTubenya.

Cracked, sengaja menjadi rilisan pertama dari sekumpulan materi yang rencananya akan manjadi daftar lagu dalam album ke-2. “Sengaja dipilih karena paling standar gak’ kencang juga gak’ pelan.” terang Iwan sang vokalis. Frontman sekaligus penulis semua lirik dari lagu-lagu Colderra ini menyampaikan dalam beberapa tahun terakhir terlalu banyak side project dan pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga membuat Colderra terlambat membuat karya.

“Sibuk mengurusi pekerjaan utama dan beberapa proyek kreatif tapi bukan musik dan pas masa pandemi covid 19 malah banyak waktu luang yang akhirnya sering nongkrong di studio musik dan bisa membuat karya untuk Colderra.” tambahnya.

Dalam single teranyar ini Colderra masih hanya diperkuat oleh 3 personel namun ada 2 nama baru didalamnya, kini mereka adalah Iwan Ruby Sasmita (Vokal), Iboer (Gitar) dan Yasa Wijaya (Program). “Iboer itu teman lama dan memang sedari dulu sama-sama suka musik power dan speed metal, kalau Yasa sudah bukan orang asing lagi bagi Colderra, dia orang dibalik dapur rekaman album pertama.” terang Iwan.

Seperti lagu-lagu terdahulu, proses penggarapan single baru ini dikerjakan di Vamos Record Studio dan tentu saja Yasa Wijaya didaulat sebagai programmer untuk banyak hal teknisnya. “Saya nyanyi, Iboer main gitar dan keperluan teknis lainnya semua diatasi sama Yasa, maklum dia jeniusnya keterlaluan.” selain itu Iwan juga menyampaikan jika untuk keperluan produksi bisa dikerjakan oleh sedikit orang namun kompeten, hasilnya akan lebih memuaskan.

Dari segi lirik meskipun terkesan menceritakan tentang rasa kecewa karena percintaan yang gagal, Iwan menjelaskan bahwa pada intinya lirik ini hanya kiasan yang ditulis sebagai ungkapan kekecewaan tentang berbagai hal. “Pada akhirnya kita harus memahami kenapa kita kecewa karena gagal dalam melakukan atau untuk mendapatkan sesuatu dan itu bukan hanya tentang cinta saja, dengan memahaminya kita tidak akan terjebak dengan masa lalu namun justru bisa bangkit untuk memulai sesuatu yang baru.” ungkapnya.

Single Cracked ini juga diunggah dengan tambahan keterangan ‘Promo Version’, maksud dari itu karena sebenarnya lagu ini dikonsep untuk dinyanyikan secara duet dan versi duetnya akan ada di versi albumnya nanti. Duet dengan siapa?, Iwan hanya menyampaikan akan dinyanyikan bersama dengan vokalis wanita pastinya.

“Versi duetnya nanti ada di album, kalau yang ini vokal tunggal dulu saja sekalian buat perkenalan formasi baru serta pengingat kalau kita masih ada.” terangnya. Ia juga menambahkan bahwa materi lainnya nanti akan lebih bervariatif dan lebih didominasi dengan lagu-lagu bertempo cepat.

Membahas soal cover artwork dan videonya Colderra masih mengadaptasi cara lama mereka, yaitu menggunakan materi dari para kreator yang ada di platform ‘image and video sharing site’ dan kemudian diedit agar lebih sesuai dengan konsepnya. Cara itu tentunya legal, selain untuk memangkas anggaran produksi juga bisa saling menguntungkan karena semakin banyak pihak yang akan saling bantu dalam proses promosi karyanya.

“Cracked” dirilis 2 Juni 2021 dan sudah bisa disaksikan video liriknya di kanal YouTube Colderra mulai tanggal yang sama. Sedangkan di platform streaming musik digital untuk beberapa materi awal dari album kedua masih belum akan tersedia. “Kami masih bernegosiasi dengan label kami yang dulu, jadi sementara kami main di YouTube saja.” ungkap Colderra.

- Advertisement -
Musicoloidhttps://news.musicoloid.com
MUSICOLOID NEWS is an online news media that contains information about the world of music, from the latest album releases and singles from various Indonesian independent bands as well as information on the best music events from all over Indonesia.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -