29.1 C
Jakarta
Thursday, September 16, 2021
- Advertisement -

Selir Pemberontak, Bahan Bakar dari Bias Untuk Yang Tertindas

- Advertisement -

Semua orang tidak wajib jadi Feminis, tapi semua orang wajib jadi Humanis. Kesetaraan, keharmonisan, dan simbiosis mutualisme antar gender harus menjadi visi akhir yang tidak boleh ditawar. Memang kecacatan berfikir akan selalu ada, sudah menjadi rukun alam, masih sering terjadi kasus kekerasan seksual baik itu secara verbal maupun fisik, praktik patriarki & matriarki, dan wujud ketidak-setaraan dan ketidak-harmonisan lainnya.

Bias mencoba menambal kecacatan berfikir ini dengan lagu “ Selir Pemberontak “, mengambil perspektif sebagai seorang wanita yang tertindas, yang merindukan kasih, sayang, dan paham. Mengutip dari liriknya yang berbunyi, “ Bukan ku tak bisa menahan egoku, tapi ini sudah kurangi kadarku “, Bias mencoba memamerkan betapa superior-nya wanita itu, ia tidaklah lemah, tidak egois, selalu kuat menahan dan lebih memilih mengalah, namun ketika kadar manusiawinya ditindas, ia melawan dan berontak.

Memang dalam lagu ini, Bias mengambil sudut pandang dari seorang wanita, namun bukan berarti kekerasan dan penindasan tidak dialami juga oleh laki-laki. Kembali lagi ke visi akhir yakni kesetaraan & keharmonisan.

“ Dari segi musik, kami kembali memanfaatkan peleburan antara melodi dan distorsi, sunyi dan lantang, kami harap bisa mewakili sisi lembut dan ketangguhan manusia. Dari segi visual, menampilkan koreografi yang syarat akan kelembutan dan ketegasan pula”, ungkap Bias.

“ Kami ( BIAS ), bukan lah band aktivis, yang membela nilai – nilai sakral secara vokal dan konkrit, kami tidak tangguh seperti itu. Lagu ini hanya secuil dukungan dari kami, alat untuk saling mengingatkan, sebagai apresiasi kami untuk para penyintas, dan sebagai bahan bakar untuk mereka yang masih berjuang”, ungkap Bias lagi.

Selir Pemberontak melewati 2 tahap rilis, yakni audio kemudian video. Format audionya dapat didengarkan dipelbagai platform digital streaming platform mulai 29 Januari 2021, dan Music Videonya dapat disaksikan di kanal Youtube mereka “biasbasabasi” mulai 5 Februari 2021.

- Advertisement -
Musicoloidhttps://news.musicoloid.com
MUSICOLOID NEWS is an online news media that contains information about the world of music, from the latest album releases and singles from various Indonesian independent bands as well as information on the best music events from all over Indonesia.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -