Cermin Kedewasaan Rantau di Single “Like a Saw”

0
26

Tampaknya pandemi Corona Covid-19 yang menghantam Indonesia, tidak mampu membendung tingginya semangat berkreasi musisi Yogyakarta. Mengamini hal tersebut, Rantau mencoba unjuk karya dengan menelurkan single pertama sekaligus menjadi debut di kancah musik Tanah Air.

Rantau merupakan band dengan format duo, terdiri dari Indra (gitar/vokal) dan Rama (bass). Keduanya sempat tergabung di grup musik bernama Kosrud. Meski sudah ditinggal personil lainnya, Indra dan Rama tetap memilih berkarya lewat musik.

“Sebelumnya Aku sama Rama di band yang sama, namanya Kosrud. Tapi, setelah personil lainnya pulang kampung, Aku sama Rama yang masih di Jogja tetap lanjut ngeband dan membentuk proyek baru pakai nama Rantau,” ujar Indra yang ditemui beberapa waktu lalu.

Pemilihan nama Rantau sebagai proyek baru mereka terdapat pengharapan yang sangat besar. Sebab, makna nama Rantau menjadi isyarat untuk memiliki sikap yang lebih baik ketika akan keluar dari zona nyaman.

“Arti rantau kalau di kamus yaitu keadaan tidak di kampung halaman atau sedang di daerah yang asing. Dengan kata lain, rantau merupakan kegiatan untuk keluar dari zona nyaman (kampung halaman),” ucap Rama.

“Tapi, untuk keluar dari zona nyaman enggak gampang. Manusia dituntut belajar dan berkembang, bahkan bertambahnya usia juga bisa diibaratkan sedang merantau, tentunya ke fase kehidupan yang baru. Kalau sudah di usia dewasa, tanggung jawabnya bertambah dan makin berat,” jelasnya.

Sayangnya masih banyak yang meremehkan perpindahan “fase” kehidupan tersebut dan kaget ketika memasuki usia dewasa. Keresahan Rantau pada sikap meremehkan tersebut dituangkan ke single terbaru mereka yang diberi judul “Like a Saw”.

Indra menjelaskan, “lagu ini harapannya bisa menjadi nasihat buat teman-teman yang akan melewati perpindahan fase menuju usia dewasa, tentunya yang sarat akan tanggung jawab. Setidaknya biar mereka enggak menyesal di kemudian hari.”

Produksi single dari Rantau dibantu oleh Ancal sebagai produser. Sedangkan untuk mixing dan mastering dikerjakan secara mandiri oleh Indra.

Saat ini Rantau berada di bawah naungan Peringatan Records yang turut membantu Rantau untuk memperluas pasarnya di industri musik Tanah Air. Single pertama dari Rantau bisa dinikmati mulai 10 Agustus 2020 di seluruh kanal streaming musik digital.