Sir Lommar John Rilis Single “Polusi Suara”

0
19

Dijembatani oleh Frankie yang rilis di Januari lalu, Sir Lommar John kini mulai menunjukan jejak migrasi dari E.P Kosmik menuju landasan album penuh yang diawali Polusi Suara. Bercerita tentang pengamatan sumber suara di sekeliling, dalam sadar, tidak sadar, lamunan dan tidurnya. Suara-suara yang tidak dapat dilarang masuk ke telinga. Semua yang diberi oleh-Nya dapat mendengar apa saja dalam batas kemampuan dengar manusia.

Semua bisa didengar (padahal) tapi apakah kita mengamati semua? Keras, lemah, desis udara hingga dialog konsumen kantin, gesekan kaca etalase koperasi sampai proses jual-beli di pasar. Semua bisa disimak menjadi komposisi dalam batas waktu tertentu. Ada yang dirasa menjadi sumber energi ada pula yang berpotensi menjadi sumber pengganggu bahkan perusak. Ini yang mesti kita hindari. Polusi.

Riuh yang dirangkum selama 3 menit 50 detik sudah dapat dirasakan sejak bagian pertama musik diputar. Dengan menyisipkan hampir semua aspek dari pengamatan bebunyian seperti variasi birama, kuat-lemah-cepat-lambat tempo, sumber bunyi dari segala arah, juga variasi bentuk dan tekstur lagu, Sir Lommar John menunjukan kesatuan utuh yang bebas untuk diciptakan dan didengarkan.

Pemilihan sound dan permainan instrumen yang eksploratif, tuning selaras dengan alam A=432Hz, jeda mendadak, hingga perubahan tempo di setiap reff-nya seakan menerjemakan tujuan dan pesannya. Polusi Suara resmi sudah bisa didengarkan di platform digital. Selamat menikmati.

“Bunyi terbawa udara, tanpa izin masuk dalam rongga telinga.

Pilah-pilih mendengar kata, apalagi menyimak sumber suara sebagai “bunyi”, seperti desir angin di padang tandus ataupun desis air conditioner yang tak jarang luput dari pengawasan kita sebagai manusia yang serba penasaran, serba takut, serba berani, serba solusi tapi juga serba polusi.”