PURPLA Rilis Video Musik “TIMUR JAKARTA”

0
64

“Timur Jakarta” adalah single kedua dari band Purpla yang beraliran Alternative Rock/Pop.

Berbasis di Jakarta, Indonesia dengan 4 orang personil yaitu Danar Astohari (vokal), Dewandra Danishwara (gitar/keys), Bayu Malindo (bass) dan Dioma Asatsuku (drum).

Sempat vakum pada rentang waktu 2018-2019 setelah perilisan single pertama dan video klip mereka “Superealita” di 2017 lalu, Purpla akhirnya memutuskan untuk aktif kembali di dunia musik tanah air dengan merilis single kedua “Timur Jakarta” pada 27 Maret 2020 disusul oleh video klip pada tanggal 6 April 2020.

Lagu “Timur Jakarta” ditulis oleh Danishwara, yang terinspirasi untuk menulis lagu tersebut saat flashback melewati area Kalimalang, Jakarta Timur dimana Danishwara menghabiskan selama 12 tahun wajib belajar (SD, SMP, SMA) selalu bersekolah di area tersebut. “Timur Jakarta” merupakan lagu yang sangat personal untuk Danishwara, karena setelah menjadi perantau di Surabaya untuk kuliah selama hampir 5 tahun dan kemudian melanjutkan studinya di Manchester, Inggris selama kurang lebih 2 tahun, “Kembali ke Jakarta Timur adalah “reuni” perasaan tersendiri buat gue setelah 7 tahun tidak menginjakkan kaki di sini, banyak banget momen perjalanan hidup susah senang yang gue habiskan di sini.” ujar Danishwara.

“…Mungkin tak sementereng (Jakarta) Selatan ataulah (Jakarta) Pusat…” adalah sebuah penggalan lirik pada lagu Timur Jakarta yang menceritakan pengalaman saat Danishwara bersekolah dan selalu merasakan gap di pergaulan perihal Anak Selatan / Anak Timur, karena saat ia bersekolah, siswa-siswi di Jakarta Timur biasanya lebih tertinggal perihal trend dibandingkan siswa-siswi Jakarta Selatan. 

Video klip “Timur Jakarta” sendiri diambil dengan banyak konsep shoot POV agar penonton bisa merasakan suasana Jakarta Timur khususnya di area Kalimalang yang menjadi inspirasi utama untuk penulisan lagu tersebut. Beberapa landmark yang diambil adalah area Pangkalan Jati, Radin Inten, SMPN 109, SMAN 61, serta beberapa titik angkutan umum populer untuk area tersebut yaitu M19, M26 dan juga M29. Proses shooting video ini dilakukan sebelum wabah Covid-19 menyebar di Indonesia, sehingga menjadi pengingat tersendiri bahwa “kesibukan sehari-hari yang biasa-biasa saja” adalah hal yang banyak dirindukan oleh masyarakat saat ini.

Untuk segi sound dan aransemen yang dianut oleh Purpla adalah Alternative Rock dengan banyak pengaruh dari band Alternative / Brit-Rock / Pop era 1990-2000an.