Karsha Rilis Official Music Video 0/10

0
64

Perkenalkan kami Karsha, sebuah band yang beraliran Chamber Pop / Folk Alternative, terbentuk pada akhir 2017 di Yogyakarta. Di produseri oleh Mas Sasi Kirono ( Satrio Piningit ) dan beranggotakan : Agustina Lestari: Vokal. Alfin: Gitar dan Vokal. Yusdhy Prakoso: Gitar. Ari Armanda: Gitar. Yuri Ramadan: Bass. Yordannata Rindhi: Drum.

bertepatan dengan Hari Mental Health 10 Oktober 2019, dan Bulan Sumpah Pemuda Indonesia, Karsha merilis official music video nya yang berjudul 0/10.

Secara musik 0/10 sendiri bercerita tentang mental illness, tentang kondisi manusia yang sedang terpuruk pada titik terendahnya, dan yang unik dari single ini adalah walaupun memiliki lirik yang terdengar putus asa, namun di balut dengan arasemen musik yang menyemangati dan menggebu, “ini adalah konsep yang kami pilih untuk menggambarkan kondisi kontradiksi, dimana para penderita mental illness kadang terjebak dalam 2 dunia, antara realita dan imajinasi, antara harapan dan kekecewaan”.

Dengan tema tersebut, secara spesifik video clip ini mengangkat isu “love yourself overated”  sebagai kritik bagi sebagian kaum millennials, dimana semboyan “love yourself” dijadikan oleh mereka sebagai mantra untuk menciptakan delusi-delusinya untuk menutupi sikap egoistis dan kekurangan diri sendiri, ketimbang berusaha untuk “trying to be a better man”, atau ungkapan-ungkapan “yang sebaiknya kau jaga adalah dirimu sendiri”, yang secara tidak sadar mereka sedang mengasihani diri sendiri dan meng-underestimate kan kemampuan, ketahanan mental mereka mereka. Dan yang lebih menyedihkan adalah mereka tidak sadar bahwa sifat ignorance mereka juga berpotensi melukai orang-orang yang ada di sekitar mereka, tak terkecuali orang yang seharusnya “benar-benar”mereka jaga.

Dirilisnya video clip ini pada bulan oktober juga bertujuan mengingatkan kaum muda sekarang, bawah kita dilahirkan di bumi ini bukan hanya di takdirkan untuk menjadi generasi millennial namu juga yang lebih penting kita adalah generasi “penerus bangsa” putra, putri Indonesia, yang seyogyanya memiliki jiwa pejuang, “mental baja, otot kawat, balung wesi”. 

Terkadang kita menjadi iblis bagi diri kita sendiri, maka lawan lah walau itu akan menjadi pertarungan terberatmu, dan lahir lah kembali sebagi pembawa harapan, secara visual itulah yang ingin sampaikan dalam video clip 0/10. 

Pengerjaan video clip ini kami lakukan secara mandiri, sehingga dalam produksinya kami menitik beratkan kepada, konsep video yang pengerjaannya sederhana, low budget, namun tetap esensial dan fungsional.

Tim kamera dibantu oleh Agung Sulistiyo, Muh Hafiz Ilmi, Muh Yoga Ardiantama dan untuk editingnya oleh Alfin Fauzian.

Terimakasih atas perhatiannya, selamat menyaksikan

Salam Karsha