Lagu Punk Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

0
148
Lagu Punk Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Kumpulan Lagu Punk Paling Berpengaruh Sepanjang Masa – Sejak 40 tahun yang lalu, aliran musik punk semakin berkembang mengikuti budaya baru yang muncul di kalangan muda dan berhasil menelurkan banyak lagu punk revolusioner dan liriknya ditulis karena keadaan sosial dan politik pada saat tersebut.

Pada ulasan kali ini, kami akan memberikan beberapa lagu punk terbaik sepanjang masa dan sangat berpengaruh.

Baca Juga: “Girl Power” 5 Album Dari Musik Punk Musisi Cewek Terbaik Sepanjang Masa

  1. The Sex Pistols – God Save The Queen

Saat tahun 70-an, banyak para pemuda Inggris yang merasa seperti terisolasi dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh Kerajaan dan The Sex Pistols yang menjadi penggerak dari punk pada masa tersebut kemudian merilis lagu yang sangat fenomenal berjudul “God Save The Queen” yang ditujukan sebagai bukti pembangkangan pada Ratu Inggris saat ingin merayakan tahta selama 25 tahun tersebut. Salah satu lagu punk terbaik dari The Sex Pistols ini adalah God Save The Queen

  1. The Clash – London Calling

The Clash salah satu band yang juga dianggap memiliki pengaruh yang kuat tidak hanya pada musik punk, namun juga secara luas. London Calling menjadi lagu dari The Clash yang sudah mengijinkan elemen diluar punk bisa melebur dengan musik punk itu sendiri.

Kombinasi ini kemudian menghasilkan banyak lagu yang terdengar sangat beragam, cerdas dan juga indah secara teknis. Joe Strummer juga tidak pernah malu untuk mengakui jika ia sangat menginginkan The Clash bisa diterima oleh banyak orang. Dengan lagu London Calling. The clash kemudian dijadikan contoh tentang bagaimana musik punk dapat dikembangkan sampai sejauh ini dengan hasil yang fantastis.

  1. The Ramones – Blitzkrieg Pop

Blitzkrieg Pop menjadi lagu punk klasik yang terdengar dimanapun bahkan sampai saat ini, mulai dari chant yang anthemik seperti “Hey Ho! Let’s Go!” sampai pada pelajaran punk rock 101 yang mereka perlihatkan.

The Ramones sendiri tidak pernah ambil pusing untuk memberikan solo gitar yang terdengar rumit atau pun struktur yang bisa membuat mereka terdengar lebih wow, akan tetapi energi yang mereka perlihatkan selalu dapat menyentuh.

  1. Bad Religion – Suffer

Album dari Bad Religion yakni Suffer dikatakan sebagai album yang memberi perubahan pada semuanya menurut Fat Mike dari NOFX. Dari album Suffer ini, sound melodic punk modern dikatakan mulai berirama cepat, lebih simpel dan bertenaga sudah mulai didefinisikan.

Sound yang terdengar modern dari musik punk pada masa tersebut akhirnya berpengaruh pada semua band melodic punk pada tahun 90-an. Seperti revolusi musim panas pada tahun 1985, Bad Religion kemudian berhasil untuk melakukan revitalisasi skena west coast yang sempat hilang arah lewat album berjudul “Suffer” tersebut.

Baca Juga: Unit Pop Punk Asal Jakarta , Vellarose, Telah Merilis Single Terbaru Dengan Judul “Bisa Bahagia”

  1. The Misfits – I Turned Into a Martian

Sebuah band bisa dikatakan istimewa jika beberapa band hebat lainnya seperti Guns ‘N Roses serta Metallica sampai mengatakan jika band tersebut adalah band yang sangat berpengaruh.

The Misfits sendiri merupakan sumber dari segala sub-genre baru dalam musik punk yang akhirnya populer dengan sebutan horror punk. Lirik mereka yang terdengar brutal dan berbau hal yang tidak jauh dari pembunuh dan zombie ini membuat The Misfits menjadi band terlarang untuk didengarkan anak-anak dari para orangtua mereka.

Lagu berjudul “I Turned Into a Martian” milik The Misfits ini semakin membawa ketenaran horror punk sampai pada puncaknya sekaligus memberikan inspirasi untuk banyak band lainnya yang juga memainkan musik serupa seperti contohnya Horrorpops serta Wednesday 13.

  1. The Stooges – I Wanna Be Your Dog

Tidak ada yang pernah bisa menyangka jika lagu yang dibawakan Iggy Pop serta The Stooges yakni I Wanna Be Your Dog tahun 1969  bisa memberikan pengaruh besar dalam cikal bakal dari musik yang kemudian dinamakan punk rock ini.

Dalam sejarah juga tercatat jika musik dengan skema tiga chord serta satu not piano dimainkan dengan cara seperti ini. Iggy Pop yang disebut sebagai orang bertanggung jawab pada tingkat popularitas stage diving, sedangkan The Stooges menjadi warisan yang rasanya tidak mungkin untuk di rangkum ke dalam sebuah paragraf saja.