4 Lagu Cover ini Ternyata Meraih Kesuksesan Lebih Hebat Dari Versi Aslinya

0
178
4 Lagu Cover ini Ternyata Meraih Kesuksesan Lebih Hebat Dari Versi Aslinya

Memang tidak jarang ketenaran band atau penyanyi yang memakai lagu orang lain telah berhasil mencapai ketenaran melebihi dari versi asli dari lagu tersebut. Ini bisa terjadi karena  aransemen yang diubah menyesuaikan dengan gaya musik yang mereka bawakan. Berikut ini adalah beberapa lagu yang sudah di cover dan terbukti menuai kesuksesan melebihi dari versi aslinya.

  1. Twist and Shout [The Beatles]

Salah satu lagu legendaris milik The Beatles nyatanya adalah lagu cover kepunyaan The Top Notes yang sudah di rekam pada tahun 1961 berjudul Twist and Shout.

The Beatles terbukti berhasil membuat lagu tersebut terdengar lebih ciamik dan tampil beda dengan versi aslinya. Lagu Twist and Shout ini bisa kamu dengarkan dalam album “Please Please Me” tahun 1963.

Namun perlu kamu ketahui, jika perjalanan yang dilakukan The Beatles untuk merekam ulang lagu tersebut tidaklah semudah membalikan telapak tangan, sebab sampai direkam sebanyak 9 kali.

Pada versi pertama, lagu ini direkam BBC S Talent Spot Radio Show tahun 1962 dan akhirnya hasil rekaman terbaik dari lagu ini bisa kamu dengarkan dalam album berjudul “Please Please Me” milik The Beatles tersebut.

Baca Juga: Perkaya Pengetahuan Musik Kamu Dengan 4 Referensi Musik Eksperimental Kelas Dunia Unik Ini!

  1. The Man Who Sold The World [Nirvana]

Pernah mendengarkan lagu The Man Who Sold The World yang dibawakan milik band legendaris Nirvana?. Yup, Nirvana memang sudah merekam lagu tersebut untuk MTV Unplugged pada tahun 1993, namun ini merupakan lagu asli milik David Bowie pada album pertama miliknya yang dirilis pada tahun 1993.

Memang banyak orang yang tidak mengetahui serta kurang familiar dengan lagu The Man Who Sold The World versi aslinya dan lebih akrab saat dibawakan oleh Nirvana.

Lagu ini juga seringkali dibawakan Nirvana setiap konser yang mereka gelar sehingga lagu ini lebih dikenal sebagai lagu milik Nirvana. Lagu ini diperkenalkan pertama kali oleh Drummer Nirvana yakni Chad Channing pada anggota band-nya sehingga akhirnya tercetus untuk meng-cover lagu tersebut.

  1. I Will Always Love You [Whitney Houston]

I Will Always Love You merupakan lagu abadi milik Whitney Houston yang juga digunakan sebagai sountrack film The Bodyguard dimana ia juga berperan sebagai bintang utamanya.

Lagu ini sebenarnya adalah milik dari Dolly Parton yang dirilis pada tahun 1974 dan kemudian Whitney mereka ulang lagu tersebut di tahun 1992. Lagu milik Dolly Partin tersebut sukses menempati urutan pertama dalam tangga lagu Billboard hingga mencapai dua kali yakni pada tahun 1974 dan juga oktober tahun 1982.

Akan tetapi, lagu “I Will Always Love You” versi Whitney Houston sudah sukses menjadi single dengan penjualan terlaris sepanjang masa dan melebihi ketenaran dari penyanyi aslinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Indie Indonesia Sebagai Penyegar di Tengah Musik Tanah Air Yang Mulai Membosankan

  1. I Have A Dream [Westlife]

Kamu anak tahun 90-an?, pastinya sudah sangat akrab dengan lagu milik Westlife berjudul I Have A Dream. Lagu ini sebenarnya kepunyaan dari sebuah pop group asal Swedia yakni ABBA yang ada pad album ke-6 mereka berjudul “Volez-Vous” dan sukses menjadi single pada bulan Desember tahun 1979. Saking populernya, lagu ini sampai menduduki posisi ke-2 pada tangga musik Inggris di tahun 1979.

Namun, sesudah 20 tahun berlalu, sebuah vocal group asal Irlandia yakni Westlife kembali membawakan lagu tersebut dan berhasil menduduki posisi pertama pada tangga lagu Inggris tahun 1999 dan terbukti menuai kesuksesan melebihi pemilik asli dari lagu tersebut.

Beberapa musisi diatas membuktikan bahwa kualitas dalam bermusik bisa sampai mengubah sebuah lagu yang sebelumnya tidak terlalu tenar menjadi lebih populer yang dikemas dengan cara lebih sederhana dan easy listening namun menghasilkan kepopuleran lagu bombastis.