Perkaya Pengetahuan Musik Kamu Dengan 4 Referensi Musik Eksperimental Kelas Dunia Unik Ini!

0
44
Perkaya Pengetahuan Musik Kamu Dengan 4 Referensi Musik Eksperimental Kelas Dunia Unik Ini!

Perkaya Pengetahuan Musik Kamu Dengan 4 Referensi Musik Eksperimental Kelas Dunia Unik Ini! – Musik eksperimental mungkin masih terasa asing di telinga kamu. Salah satu grup musik Indonesia yakni Duo Senyawa dan sudah berhasil mengukir prestasi di taraf internasional. Musik eksperimental ini sangat kental dengan elektronik yang berpadu dengan berbagai bunyi unik sebagai salah satu musik dasar aliran musik yang satu ini.

Untuk lebih menambah wawasan kamu tentang musik eksperimental, langsung saja kamu simak beberapa referensi musik eksperimental dunia berikut ini yang hasil karyanya sudah cukup banyak dikenal publik pencinta musik seluruh dunia.

Baca Juga: Mau Tau 7 Genre Musik Terbaru Yang Sangat Aneh dan Absurd?

  1. Holly Herndon

Holly Herndon merupakan salah satu ikon musik eksperimental asal Amerika Serikat yang memiliki latar belakang sound engineer. Ia memiliki kekayaan suara yang sangat ciamik sekaligus sangat bervariasi sehingga menambah kekhasan musik yang dimilikinya.

Artis yang mendapat julukan ratu musik tech-topia ini juga sangat cerdas dalam mengolah ilusi visual dan bisa kamu lihat dari video klip miliknya yang bernuansa surealisme. Selain itu, Holly Herndon juga mengkombinasikan hal berbau anak muda yakni laptop dan beberapa aplikasi dalam pembuatan musiknya.

  1. Wintergatan

Wintergatan memiliki elemen pembentuk musik yang hampir serupa dengan Duo Senyawa karena ia juga mengkombinasikan dengan beberapa suara elemen non-musik menarik seperti halnya pada Duo Senyawa.

Wintergatan merupakan musisi asal Swedia yang turut menggunakan genre folktronica kombinasi dari alat musik tradisional, musik elektronik dan akustik. Karya fantastis yang dimiliki Wintergatan bisa kamu dengarkan dari lagu berjudul “Marble Machines” dimana Wintergatan membuat mesin custom yang diisi dengan dua ribu kelereng sehingga tercipta rangkaian musik unik yang sangat indah, langsung saja kamu dengarkan musik mereka untuk mendengarkan keunikan genre musik yang mereka bawakan ya sobat.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Musik Populer di Indonesia Saat Ini

  1. Amnesia Scanner

Amnesia Scanner merupakan grup musik asal jerman yang juga menjadi pemusik eksperimental terbaru. Amnesia Scanner sudah berhasil menjadi Best Experimental Music Album of The Year pada tahun 2016 versi majalah online Amerika yakni AS Crust.

Aliran musik yang dimainkan oleh Amnesia Scanner ini sangat kental dengan elektronik yang juga dibumbui dengan sentuhan bass berat dan vokal elektronik yang diatur secara terputus-putus.

Musik eksperimental Amnesia Scanner ini juga dikombinasikan dengan ilusi visual mantap yang bisa kamu lihat dari seluruh video klip serta website pribadi mereka.

  1. Radiohead

Band bernama Radiohead ini pastinya sudah kamu kenal dengan baik yang memang sudah terbukti sukses secara komersial.

Radiohead yang merupakan band asal Inggris ini sangat khas dengan alternative rock atau britpop dan juga kental dengan musik eksperimentalnya khususnya saat mereka sudah memutuskan kontrak dengan label di tahun 2007 sehingga mereka bisa lebih bebas eksplorasi dunia musik dan kemudian memilih musik eksperimental tersebut.

Beberapa hasil eksplorasi dari Radiohead bisa kamu dengarkan dari beberapa album milik mereka seperti Album In Rainbow [2008], The King of Limbs [2011] dan juga A Moon Shaped Pool [2016]. Kombinasi dari vokal khas britpop Radiohead serta berbagai suara acak musik eksperimentalnya memang terdengar sangat indah dan mempesona.

Baca Juga: Yuk, Kenali Lebih Jauh Aneka Genre Musik Dugem Alias EDM Disini!

Demikian beberapa referensi musik eksperimental kelas dunia yang bisa kamu dengarkan dan nikmati yang sangat khas dengan sentuhan berbagai suara unik dari beberapa bunyi benda tak biasa di dalam setiap lagu milik mereka. Semoga bisa bermanfaat dan memperluas pengetahuan kamu dalam dunia musik.