5 Lagu Dari Band Indonesia Yang Dianggap Jiplakan Band Asal Luar Negeri

0
269

Bicara tentang band Indonesia yang terdiri dari berbagai aliran mulai dari pop, rock, Melayu dan sebagainya memang sudah mulai berkembang dan memiliki kualitas musik yang cukup memukau. Akan tetapi, ternyata ada beberapa grup band yang terlibat dengan permasalahan plagiarisme atau dengan kata lain jiplakan.

Masalah plagiarisme ini memang menjadi perdebatan yang tidak ada habisnya dari para tokoh kreatif, sebab musik sendiri hanya tersusun dari 7 tangga nada saja sehingga ini dianggap hal lumrah jika ada beberapa kesamaan aransemen dari musik yang satu dengan yang lain. Berikut ini akan kami berikan beberapa nama grup band Indonesia yang dianggap menjiplak lagu milik orang lain.

  1. Hello Vs Maroon 5

Hello yang merupakan salah satu grup band asal Indonesia lebih tepatnya Yogyakarta dibentuk pada 19 Desember 2007. Dalam band ini terdiri dari 5 personil yakni Widi pada vokal, Gani pada gitar, Gavet pada keyboard, Prima pada bass dan Dedy pada drum.

Dalam karirnya di dunia musik, Hello sudah berhasil menelurkan 2 buah album yakni “Say Hello” pada tahun 2008 serta “Kepala Batu” di tahun 2011. Sesudah itu, di tahun 2012, Hello meluncurkan single mereka yang berjudul “Move On”.

Dalam album pertamanya, Hello sudah berhasil menyita perhatian pencinta musik tanah air dengan lagu mereka berjudul “Ular Berbisa” yang membuat band ini masuk dalam top band Indonesia. Akan tetapi, timbul kontroversi pada lagu ini yang dikatakan mirip dengan lagu Maroon 5 berjudul “Makes Me Wonder”.

Lagu “Ular Berbisa” milik Hello memiliki kemiripan pada nada reff yang membuat banyak pihak mengatakan jika lagu ini menjiplak dari Maroon 5.

  1. D’Masiv Vs My Chemical Romance

Grup band Indonesia yang sudah memiliki banyak penggemar yakni D’Masiv digawangi oleh 5 personil yaitu Rian, Ramadan, Marsall, Rayyi dan juga Wahyu dan sudah eksis dalam mengisi kancah musik tanah air.

D’Masiv terbentuk tanggal 3 Maret 2003 saat mereka mengikuti sebuah kompetisi musik serta menjadi juara dalam A Mild Live Wanted sehingga membuat band ini semakin dikenal luas. Pada tahun 2008, D’Masiv mengeluarkan album pertama mereka bertajuk “Perubahan” dengan “Cinta Ini Membunuhku” yang menjadi lagu andalan mereka.

Lagu dari album pertama tersebut membuat D’Masiv semakin populer dan memiliki banyak penggemar. Akan tetapi banyak orang yang beranggapan jika intro pada lagu ini sama dengan lagu “I Don’t Love You” dari My Chemical Romance sehingga band D’Masiv dinilai sudah menjiplak sebuah lagu.

  1. Kla Project Vs Phil Collins

Band dari era 80-an yakni Kla Project memang sangat booming di tahunnya yang beranggotakan Katon Bagaskara, Adi Adrian, Lilo serta Ari Buharni dengan genre pop progressive serta pop rock.

Kla Project sendiri sudah berhasil mengeluarkan sebanyak 9 album dan album terbaru mereka rilis pada tahun 2010 berjudul “Exellentia”. Lagu yang terdapat dalam album ini sangat laris manis di pasar musik Indonesia.

Akan tetapi, dibalik kesuksesan band ini, ternyata pada tahun 1994 timbuk kontroversi dari salah satu lagu di albumnya yang berjudul “Terpurukku”. Lagu ini dikatakan memiliki kemiripan dengan lagu Phil Collins berjudul “Another Day In Paradise”. Inilah yang membuat banyak penikmat musik beranggapan jika Kla Project sebagai penjiplak lagu seseorang.

  1. Kotak Vs Keane

Band dengan genre rock yakni Kotak terbentuk dari sebuah ajang pencarian bakat yakni The Dreamband tahun 2004 yang digawangi oleh Cella, Icez, Pare dan Posan. Pada tahun 2006, Pare hengkang dari Kotak dan diganti oleh Tantri. Kemudian Icez paa basis juga diganti dengan Nissa Hamzah yang kemudian diganti kembali dengan Chua.

Sesudah Chua ikut bergabung dalam Kotak, mereka merilis album kedua yang menjadi awal kesuksesan dari band ini. Akan tetapi, kesuksesan yang diraih Kotak juga tidak berjalan dengan mulus sebab ada 1 lagu dari kotak yang dianggap merupakan plagiat.

Lagu Kotak yang dianggap jiplakan adalah “Selalu Cinta” yang dinilai memiliki banyak kesamaan dengan lagu dari Keane berjudul “Everybodys Changing” pada bagian reff-nya.

  1. Last Child Vs Boys Like A Girl

Last Child merupakan band Indonesia yang dibentuk pada tahun 2006 dan juga menjadi satu dari sekian band papan atas Indonesia. Band ini beranggotakan 4 personil yakni Virgoun, Mamie, Dimas serta Riski Omes dengan mengusung genre pop rock.

Dalam album pertama mereka “Grow Up” yang diluncurkan pada tahun 2007, sempat terjadi pergantian personil dan kemudian mereka kembali merilis album kedua bertajuk “Everything We Are Everything” dengan single andalan berjudul “Diary Depresiku”.

Last Child juga melakukan kolaborasi dengan Giselle pada tahun 2011 untuk duet dalam lagu berjudul “Separuh Nafas Ini” yang menjadi salah satu lagu paling dicari. Akan tetapi, lagu tersebut dianggap merupakan jiplakan dari salah satu lagu Boys Like A Girl berjudul “Two Is Better Than One”.

Demikian ulasan kali ini tentang beberapa lagu karya anak bangsa yang dianggap merupakan jiplakan dari musisi terkenal luar negeri. Benar atau tidaknya apakah lagu ini adalah jiplakan atau tidak hanya bisa diketahui dengan pihak yang bersangkutan saja. Lalu, apa pendapat kamu?.