Ini Dia 6 Band Indie Asal Bandung Yang Berhasil Go Internasional

0
111

Meskipun menyandang status indie, ternyata ada beberapa band indie asal Indonesia yang sudah berhasil membuktikan kiprahnya dalam dunia musik taraf internasional melebihi dari perusahaan rekaman formal.

Band indie yang sangat bergantung dengan internet ini, sudah memberi bukti jika band asal Indonesia juga bisa menggebrak panggung mancanegara serta memiliki banyak penggemar asal dalam negeri dan juga luar negeri. Berikut ini, kami akan megulas tuntas tentang beberapa band indie asal Bandung yang sudah berhasil go internasional dan mungkin saja salah satu dari band ini adalah favorit kamu, langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

  1. Speaker First

Sesudah sebelumnya sempat vakum selama beberapa tahun, Speaker First yang merupakan salah satu band asal Bandung ini kembali mengisi deretan band tanah air pada tahun 2016 yang lalu. Band yang digawangi oleh Mahattir Alkatiry, Benny Barnady serta Bony Barnaby ini langsung menggelar konser mereka di sebuah club “Off the Cuff”, London Inggris.

Speaker First dengan genre Rock n Roll ini juga sudah menggelar tur perdana mereka di Amerika yakni The Anthem Tour 2017 yang diselenggarakan di 7 kota yaitu Seattle, San Diego, Los Angeles, Orange County, Napa, Fresno dan juga Portland.

  1. Bottlesmoker

Bottlesmoker merupakan band indie asal Bandung yang hanya memiliki 2 personal saja yakni Anggung Kuy Kay serta Ryan Nobie. Bottlesmoker sudah cukup banyak menyedot perhatian dari par penikmat musik asal luar negeri dan sudah menjalankan tur pertama mereka di tahun 2009 berupa konser mini di Malaysia.

Band yang sudah menelurkan album perdana berjudul “Before Crisis Over” ini juga pernah manggung pada acara bergengsi yakni Asian Festival Filipina pada tahun 2010. Di tahun yang sama, Bottlesmoker juga berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori “Best Electro/Dance Act” serta juara ketiga pada kategori “Best Electro/Dance Somg” di kompetisi musik indie Asia Pasifik atau Asia Pasific Voice Independet Music Awards [AVIMA].

  1. Jeruji

Band indie asal Bandung berikutnya dengan aliran punk yakni Jeruji juga sudah membuktikan prestasi mereka dengan menggelar konser di 20 kota Eropa bertajuk “Jeruji 20th Anniversary of European Tour”. Dalam tur yang diselenggarakan tersebut, Jeruji menggelar konser di 9 negara selama 20 hari yakni di Polandia, Ceko, Perancis, Slovakia, Swiss, Belanda, Belgia, Jerman serta Austria.

Band yang beranggotakan Sani pada drum, Andre pada gitar, Ginan pada vokal dan juga Hendy pada bass mendapat dukungan dari walikota Bandung yakni Ridwan Kamil pada saat menggelar konser tersebut. Dalam akun Instagramnya, Ridwan Kamil mengunggah foto dirinya bersama dengan personil band Jeruji sambil mengungkapkan pendapat jika ini merupakan salah satu bentuk dari diplomasi musik dalam mendukung promosi Indonesia khususnya kota Bandung.

  1. Burgerkill

Siapa yang tidak kenal dengan band asal Bandung yakni Burgerkill yang sudah malang melintang ikut meramaikan dunia musik Indonesia dan pernah mencicipi dapur rekaman major label tersebut. Burgerkill sudah menjadi salah satu band indie asal Indonesia yang ramai diperbincangkan dunia musik taraf internasional dan di tahun 2009 lalu, Burgerkill sudah menggelar konser mereka di sebuah pagelaran besar di Australis yakni “Soundwave”.

Burgerkill juga sudah berhasil menorehkan prestasi mereka dengan berhasil memenangkan penghargaan pada ajang bergengsi yakni “Golden Gods Awards 2013”. Pada ajang ini, Burgerkill berhasil mengalahkan beberapa nama besar seperti Pussy Riot, Jason Newsted, Sea Sheperd serta Nergal dalam kategori Metal As F*ck. Pada ajang yang sama, Burgerkill juga tampil satu panggung dengan beberapa band metal besar seperti Five Finger Death Punch, Motorhead, Coal Chamber, Paradise Lost serta Airbourne.

Sedangkan pada tahun 2015, Band yang terkenal dengan lagu “Tiga Titik Hitam”, “Atur Aku” serta “Penjara Batin” tersebut juga turut manggung di Festival Wacken Open Air 2015, Jerman serta pada Bloodstock Outdoor Heavy Metal Festival 2015 di Inggris.

  1. Goodnight Electric

Goodnight Electric yang merupakan band indie dengan aliran Synth Pop tersebut juga sudah berhasil memperlihatkan prestasi mereka di kancah internasional yakni tahun 2006 di Malaysia, Proyek Goethe Institut di Jerman pada tahun 2008 serta di Singapura pada tahun 2009 dan 2010.

  1. The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T merupakan sebuah band yang terbentuk pada tahun 90-an dari 4 personilnya yakni Rekti pada vokal dan gitar, Adit pada Bass, Farri pada gitar serta Acil pada drum yang adalah teman masa SMA. Band ini sudah sukses menghasilkan beberapa lagu memakai bahasa Inggris yang menjadi alasan mengapa The S.I.G.I.T banyak menggelar konsernya di luar negeri.

The Super Insurgent Group of Intemperance Tallent atau The S.I.G.I.T tersebut sudah sangat sering disetarakan dengan beberapa band hebat mancanegara seperti Wolfmother serta The Datsuns. Karena aksi panggungnya bersama dengan Dallas Crane di tahun 2007, The S.I.G.I.T berhasil menjadi headline beberapa media musik Australia. Sedangkan pada tahun 2009, mereka juga pernah manggung di SXSW, Austin, Amerika Serikat dan band yang sudah meluncurkan album kedua mereka yakni “Detourn” ini juga pernah beberapa kali manggung pada Home Club Singapura.

Dari beberapa nama band indie asal Bandung yang sudah kami ulas diatas memberikan bukti jika meskipun menyandang status indie, beberapa band tersebut sudah berhasil membuktikan jika mereka tetap bisa melebarkan sayap di dunia musik lebih hebat dari band perusahaan rekaman lokal. masih banyak band indie asal Indonesia lain yang sangat berprestasi taraf internasional. Lalu, apa band indie favorit kamu saat ini?.