Ini 5 Jenis Musik yang Populer di Indonesia Saat Ini

0
103
musik

Musik adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan. Dengan musik kita dapat menyampaikan intuisi perasaan dalam diri, meskipun fungsi utama adalah sebagai penghibur. Namun lepas dari itu semua, tahukah kamu kalau Indonesia memiliki jenis atau genre musik yang populer dan banyak digemari banyak orang? Apa saja jenis musik tersebut? Berikut ini merupakan ulasan yang bisa disimak.

Pop

Musik Populer atau biasa disebut musik Pop adalah sebuah genre musik yang ada sejak tahun 1950-an. Sebagai genre musik, pop sangat eklektik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya musik lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country. Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial sehingga memiliki penggemar yang lumayan besar.

Rock

Rock merupakan genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 1950-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 1940 dan 1950-an serta berbagai pengaruh lainnya. Musik rock juga diketaui mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

Jazz

Merupakan sebuah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat dan mulai ada sejak abad ke-20. Musik Jazz awalnya berasal dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano,trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan shuffle note.

Dangdut

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik Indonesia yang mengandung unsur-unsur musik Hindustan atau India klasik, Melayu, dan Arab. Bentuk musik ini berakar dari Qasidah yang terbawa oleh Agama Islam yang masuk Indonesia tahun 635 – 1600. Namun seiring perjalanan waktu,sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.

Reggae

Suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady. Pada umumnya reggae memiliki tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady. Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar, dengan gitar rhythm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga; atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan. Utamanya “ketukan ketiga” tersebut, selain tempo dan permainan bassnya yang kompleks yang membedakan reggae dari rocksteady, meskipun rocksteady memadukan pembaruan-pembaruan tersebut secara terpisah.

Itu tadi beberapa jenis musik yang populer di Indonesia saat ini. Apakah menurutmu masih ada jenis musik lainnya? Jika ada, tambahkan komentar di kolom komentar ya!