Ini 6 Band Indie Indonesia yang Paling Populer di Mata Penikmat Musik

0
548
band indie Indonesia

Saat ini industri musik di Indonesia memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Tidak hanya pemusik yang berlabel saja, namun indie juga. Berbicara mengenai indie, ada beberapa band indie di Indonesia yang tergolong menjadi band inde Indonesia paling populer di mata para penikmat musik indie. Siapa sajakah mereka?

Mocca

Siapa yang tidak mengenal Mocca? Band yang lahir pada pertengahan tahun 1990-an ini digawangi oleh Arina, Toma, Riko, dan Indra. Mocca terkenal karena lagu mereka yang berjudul Secret Admirer. Hingga saat ini Mocca telah menelurkan 4 album, yaitu My Diary, Friends, Colours, dan Home. Band yang berasal dari Bandung ini juga pernag mengisi soundtrack film “Untuk Rena” pada tahun 2005 lalu.

Seringai

Selain Mocca, ada Seringai yang menjadi salah satu band indie terkenal di Indonesia. Pada Juli 2012, Seringai merilis album Taring untuk para pendengar musik rock. Kerennya, single Tragedi milik Seringai telah diunduh sebanyak 23 ribu kali hanya dalam waktu 2 jam saja. Seringai sering melakukan promosi melalui media sosial, sehingga ampu untuk menjaring para penggemarnya.

Burgerkill

Setelah Seringai, band indie metal core asal Bandung ini juga eksis di dunia indie Indonesia. Berkiprah sejak tahun 1995, Burgerkill telah berhasil menjadi nominator band independent terbaik versi Majalah News Musik pada tahun 2000. Kemudian pada tahun 2003, Burgerkill merilis album kedua bertajuk “Berkarat”. Album ini berhasil masuk ke dalam salah satu nominasi AMI Awards.

Sore

Sore merupakan sebuah band indie yang berasal dari Jakarta. Band ini digawangi oleh Ade, Awan, Reza, Bemby, dan Ramondo. Band ini memiliki keunikan tersendiri, yakni semua anggotanya yang bermain musik kidal dan semua anggota Sore ambil bagian sebagai vokalis dalam setiap albumnya. Sampai saat ini, Sore telah menghasilkan dua album studio dan beberapa kompilasi.

Payung Teduh

Pada akhir tahun 2007, Payung Teduh terbentuk dengan formasi awal Is dan Comi. Sadar akan eksplorasi bunyi dan performa panggung, Payung teduh akhirnya mengajak Cito untuk bergabung bersama sebagai drummer pada tahun 2008. Tidak berhenti di situ saja, Payung Teduh juga mengajak Ivan sebagai guitalele player pada tahun 2010. Lagu pertama Payung Teduh ialah Angin Pujaan Hujan yang memunculkan warna band ini sendiri.

The S.I.G.I.T.

The S.I.G.I.T. merupakan akronim dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent. Band indie satu ini berasal dari Bandung juga. Dengan album berjudul Visible Idea of Perfection, The S.I.G.I.T. mampu menggebrak penikmat musik indie beraliran blues rock.

Itu tadi beberapa band indie Indonesia yang banyak disukai oleh para penikmat musik indie. Jika diperhatikan, beberapa band indie di atas berasal dari kota kembang, ya. Menurut kamu gimana? Apakah ada rekomendasi band indie lainnya yang menarik?