Seru! Q & A Session Bersama Band Obladi Oblada

0
359

Ya kali ini di sesi tanya jawab nya Musicoloid kita kedatangan band Obladi Oblada ,Seneng banget kita bisa tanya tanya band yang masih still fight dengan tema Oldies gini oke langsung aja yuk kita simak sesi Q&A kita kemarin dengan bang Vian salah satu personel Band Obladi Oblada.

Q: Ceritain dong sejarah singkat band Obladi oblada ini ?
A: Band Obladi Oblada sebenarnya blm lama terbentuk baru menginjak usia 3 tahunan, namun kami sudah barengan dari th 2000 dg formasi yang keluar masuk tambal sulam dlm merealisasikan komitmen dan eksistensi . Nama Band Obladi Oblada adalah sebuah perubahan dari The Oldman band yang mjadi cikal bakal terbentuknya Band Obladi Oblada, kala itu musisi yang ada ddlmnya adalah senior semua yang rata2 diatas 50 tahun , akhirnya saya membuat The Oldman 2 dg formasi yang juniornya dan akhirnya menjadi Obladi Oblada

Q: Yang jadi penasaran, sebenarnya apasih visi utama band ini ?
A: Bermusik bukan Ber Politik, bagaimana membuat bahagia banyak orang bukanlah sesuatu yang sulit dan jg tidak mudah, yang ada di kepala kami bermusik itu sama dg Ber ibadah, klu kita khusuk Inshaa Allah diterima, klu Ikhlas inshaa Allah ada buahnya … “Menjadi kan musik bahasa jujur”

Band Obladi Oblada pada acara Sweet Memories Night ,Jakarta

 

Q: Diliat dari perkembangan musik sekarang , seberapa yakin Band ini bisa bertahan dan kenapa bisa ?
A: Hingga kini kami masih eksis dan tetap jingkrak jingkrak di atas panggung, yang membuat bertahan sebuah band adalah EKSISTENSI bukan seberapa bagus band itu. Karena yang menilai layak atau tidak nya sebuah Kualitas adalah berapa besar Eksistensi dan Komitmen …

Q: Apa saja kira-kira yang jadi prestasi atau pencapaian bang Vian di dalam band atau diluar band selama beberapa tahun belakangan ini ?
A: Obladi Oblada gak punya target hrs punya ini dan itu gak mikir hrs kaya dari musik dan gak mikir jadi terkenal krn main musik, yang pasti saya dan teman2 di Band Obladi Oblada mencari “Nyaman” dan itu Mahal harganya ,
Bicara Prestasi … bermusik bukan sebuah kompetisi atau perlombaan atau festival atau kejuaraan … Krn musik ada untuk dinikmati sesuai kebutuhan manusia itu sendiri, karena ‘Musik mengajarkan sebuah Kejujuran dari sebuah Kebohongan”.

Q: Pandangan band Vian untuk industri musik Indonesia saat ini , apa bisa bersaing ataupun bertahan dari gempuran luar atau dalam negri sendiri yang mainstream ?
A: Ini seru …
Industri musik (saya tertawa) saya ada didalam RUH Indie cukup lama, didalam sebuah Komunitas Seni dan Budaya yang saya Ketuai saya sdh mengantar banyak musisi indie pada gerbang-gerbang yang terbaik (nanti saya jelaskan secara luas apa industri itu) … Gak ada gempuran dr manapun baik luar atau dalam negeri sendiri, disini kita lagi-lagi bicara KUALITAS dimana yang bertahan itu adalah yang mnunjukan kualitas ,sementara yang bersifat instant adalah object yang tergusur …
Satu Contoh saja …
semua org pasti tahu KOES PLUS atau The Beatles mereka adalah Band legend yang tetapi bertahan dan di ingat hingga kini bukan keberadaannya namun KARYA yang ditinggalkan .

Q: Apa pesan Bang Vian buat para musisi musisi muda agar band mereka bisa bertahan lama juga seperti Obladi Oblada saat ini ?
A: tetap Eksis dan menjaga Komitmen krn ada 4 poin yang saya punya didalam mempertahankan sebuah band ;
1. Komunikasi 2. Visi misi/goal/tujuan 3. Komitmen dan 4. Managerial

OKe ,kira-kira begitulah Q & A Session Bersama Band Obladi Oblada yang semoga kita semua bisa dapat tambahan ilmu yang bermanfaat yaa. Support terus musisi Indonesia. beli karya original mereka jangan yang bajakan. kecuali dikasih link gratis download yang legal:) (-ian)