Menekan Angka Download “Ilegal”

0
50

Makin kesini teknologi memang semakin canggih begitu juga yang terjadi pada industri musik makin mudah untuk mendapatkan suatu karya musik suatu group band hanya dengan mengklik tombol download yang disediakan.

Tapi disamping itu juga ada juga dampak negatifnya yaitu download ilegal , yaitu kegiatan mengunduh tanpa seizin pemilik sah file tersebut.
Disatu sisi ini jelas merugikan seorang musisi yang telah susah payah berkorban waktu , uang , tenaga dan pikiran untuk menciptakan sebuah lagu.

Tapi lain halnya bila musisi tersebut memang dengan sukarela membagikan karya nya secara gratis pada khalayak ramai sebagai bentuk promosi atau hal lainnya.

Dan gak usah naif lagi salah satu tujuan bermusik yaitu menghasilkan sesuatu dari kegiatan tersebut.

Banyak yang teriak “Ayo sesama band Indie harus saling support” di event – event ataupun di tagline tapi apakah bentuk supportnya ? Menyediakan venue manggung ? Gak pulang sebelum acara selesai ? Oke itu semua baik , tapi apakah hanya sekedar itu ?

Sebagai contoh , Jika kamu memiliki teman yang pandai dalam melukis jangan minta hasil gambar dia secara gratis karena dia temanmu tapi hargailah dia dengan membeli karya.

Itu adalah contoh saling support terbaik yang membuat industri musik di luar negri sana lebih maju karena adanya rasa menghargai terhadap seorang seniman entah itu dibidang musik atau bidang lainnya.

Jadi mulai sekarang buktikan support kamu dengan membeli secara resmi/legal karya teman musisi kamu.

Tapi sekali lagi akibat kurangnya wadah dan saluran yang bisa menampung itu semua jumlah terbatas dan agak sulit dijangkau untuk masyarakat Indonesia karena metodenya yang agak sulit.

Membuat band Indie pada umumnya hanya berharap dilirik oleh major label yang sudah tenar untuk dibantu dijual dan didistribusikan karyanya ke pelosok tanah air.
Dan membuat pergerakan Industri musik di Indonesia menjadi kurang efektif dan cenderung stagnann.

Dari itu Musicoloid memiliki terobosan baru yang lebih fokus menekan angka download ilegal dengan menyediakan wadah bagi para band Indie untuk menjual karya mereka. Juga sebagai portal berita band indie nomor satu di Indonesia. Dengan visi sebagai Indie Label Terbesar di Indonesia.

Semoga visi dan misi ini dapat terwujud agar industri musik Indonesia semakin maju dan bisa bersaing ketat dengan musik Internasional.